Sisi Patriotik Generasi Muda

Pada abad ini, genarasi muda kita mempunyai kesempatan untuk berjelajah ke negeri-negeri maju untuk menampilkan tarian dan budaya tanah air kita kepada orang asing dengan tujuan untuk menarik perhatian orang-orang luar agar mereka mempunyai keinginan untuk mempelajari negara kita lebih dalam.

Image

Permainan instrumen Indonesia

Sekitar setengah abad yang lalu, untuk mendapatkan kesempatan  tersebut sangat susah untuk didapatkan juga karena masih sedikit adanya kerjasama antar negara untuk tujuan pendidikan kebudayaan.

Namun, sebagai masyarakat, saya mengetahui bahwa sekarang generasi muda banyak yang menyalahgunakan kesempatan tersebut untuk keangkuhan belaka. Meski begitu, masih ada cukup banyak generasi muda kita yang  masih mempunyai  akal sehat dan kesadaran bahwa kesempatan itu tidaklah mudah untuk didapatkan dan hal itu adalah tanggung jawab untuk membanggakan negara kita.

Image

Pementasan tarian tradisional Indonesia

Contoh sisi patriotik anak muda zaman ini adalah pemakaian batik pada hari batik, merayakan hari sumpah pemuda dengan mengadakan acara uji puisi mengenai hari tersebut, memperjuangkan hak-hak cipta budaya tanah air kita, dan seterusnya.

Image

Pameran batik asli Indonesia

Menurut saya upaya generasi muda kini untuk pengembangan nama negara kita harus didukung oleh pihak pemerintahan dengan cara menyediakan dana untuk misi tersebut.

Agar generasi muda mengerti akan kepentingannya untuk  menjaga budaya kita, orang tua harus sudah mulai mendidik mereka sejak dini dan mendukung pilihan mereka jika anak berkeinginan untuk belajar sesuatu dari budaya kita lebih mendalam.

Image

Wayang dari Indonesia

Memang generasi muda kini tidak sepenuhnya patriotik atau peduli sepenuhnya mengenai negara kita, tapi kita semua selangkah lebih dekat ke masa depan yang lebih meyakinkan.

Leave a comment