Orang Kulit Putih Di Gaji Enam Kali Lebih Tinggi

Sedikit kata sebelum masuk ke topik ini adalah bahwa rasisme terhadap kaum Kulit Hitam sudah ada sejak dahulu kala yang berlangsung terutama pada negara-negara barat dimana adanya banyak kaum tersebut yang telah pindah ke negara-negara lain untuk dipekerjakan.

Isu Topik :

Menurut artikel dari Kompas.com, Orang Kulit Putih di Afrika Selatan mendapat gaji setidaknya enam kali lipat lebih tinggi daripada orang Kulit Hitam.

Hal ini mungkin terlihat normal dikarenakan oleh kita menganggap masyarakat Afrika Selatan terdiri dari orang Kulit Putih. Akan tetapi hal tersebut adalah tidak benar karena menurut sensus di Afrika Selatan, 8 dari 10 orang dari total 51,8 juta penduduk negara itu adalah orang Kulit Hitam karena diketahui bahwa orang Kulit Hitam lebih dahulu menempati benua Afrika tersebut menurut sejarah.

Hal tersebut menjadi sangat mengherankan karena dalam sebuah survei tahun 2006 tentang pendapatan, rumah tangga Kulit Putih diketahui mendapatkan penghasilan 7,5 kali lipat dari rumah tangga Kulit Hitam dan walaupun 18 tahun setelah berakhirnya praktik politik apartheid dan meskipun pendapatan rumah tangga Kulit Hitam telah melonjak 169 persen dalam dekade terakhir.

Catatan Sampingan dan Pendapat:

Rasisme atas warna kulit tidak berhenti di negara barat saja. Di Asia, pekerja berKulit Putih menerima gaji lebih banyak dibandingkan orang lokal yang mempunyai jabatan yang sama.

Menurut saya hal rasisme atau ketidaksamaan/ketidakadilan ini terjadi karena kita sudah terpaku dengan pikiran bahwa orang Kulit Putih itu derajatnya di atas kita, mungkin kita berpikiran tersebut karena hampir seluruh negara di dunia pernah di jajah oleh bangsa Inggris atau Amerika yang kebanyakan masyarakatnya berKulit Putih.

Akhir kata, rasisme dan ketidakadilan ini harus cepat diberhentikan karena semua orang tidak peduli warna kulit adalah sederajat dan ketidakadilan ini hanya merugikan warga lokal negara tersebut.

Sebagian informasi saya dapatkan dari : http://internasional.kompas.com/read/2012/10/31/14351018/Orang.Kulit.Putih.Digaji.Enam.Kali.Lebih.Tinggi

Leave a comment