Kunjungan Presiden Barack Obama ke Asia

Image

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra

Isi Topik Pembicaraan:

Pada bulan November ini, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama akan mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara yaitu, Kamboja, Thailand, dan Myanmar untuk menjalin hubungan yang lebih erat antar negara Asia dan Amerika.

Presiden Obama berkata “Asia adalah sangat penting untuk keamanan dan kemakmuran Amerika Serikat”. Maka Presiden Obama berencana untuk mengunjungi Asia lebih sering lagi setelah Pemilihan Presiden dua minggu lalu.

Di Thailand, Presiden Obama bertemu dengan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra dan mengadakan konferensi untuk membicarakan kunjungan-kunjungan yang akan dilaksanakan selama 3 hari tersebut. Presiden Obama tidak lupa untuk mengatakan bahwa Thailand sudah menjadi negara sahabat Amerika Serikat selama 180 tahun dan menghargai dukungan Thailand atas demokrasi di Myanmar.

Kunjungan Presiden Obama ke Myanmar dan Kamboja utamanya adalah untuk mempromosikan Hak Asasi Manusia. Tidak hanya itu, di Myanmar, Presiden Obama memberikan dorongan kepada negara Myanmar atas berjalannya reformasi politik, reformasi ekonomi dan rekonsilasi nasional ke arah demokrasi setelah kebebasannya pemimpin demokrasi, Aung San Suu Kyi.

 

Pendapat Saya Mengenai Topik Tersebut:

Pendapat saya sendiri mengenai kunjungan-kunjungan tersebut yang dilakukan oleh Presiden Barack Obama adalah sangat bijak karena dia langsung menjalankan rencana kunjungan tersebut 2 minggu setelah Pemilihan Presiden berlangsung. Itu mengatakan bahwa kunjungan tersebut sudah direncanakan dengan matang dan untuk tujuan tertentu (yang baik) dan juga memperlihatkan keseriusan Presiden Amerika Serikat tersebut atas negara-negara di Asia.

Menurut saya, setelah adanya prediksi ekonomi atas negara-negara di Asia untuk tahun 2030 yang menyatakan bahwa market Asia akan memimpin ekonomi di dunia, Presiden Obama merasa hal ini tidak boleh disepelekan dan hubungan antar negara Asia dan Amerika harus dipereratkan untuk mengasuransikan keselamatan dan kemakmuran Amerika Serikat.

Presiden Barack Obama sudah terpilih untuk menjadi Presiden Amerika Serikat untuk keduakalinya dan tidak membuang waktu untuk memastikan negaranya aman dan berguna untuk dunia ini.

 

Informasi mengenai topik ini didapatkan dari: 

 

 

 

 

 

Leave a comment